Visi dan Misi

VISI

KECAMATAN NGADU NGALA

Bersama Masyarakat Mewujudkan Kecamatan Ngadu Ngala menuju Kecamatan yang SMART              ( Sejahtera, Mandiri, Aman, Rensponsif, Tertib)

Adapun Visi dijelaskan dengan substansi yang sebenarnya antara lain :

Sejahtera    : Sejahtera apabila terpenuhinya kebutuhan pokok setiap individu, baik pangan, sandang, papan,                                       pendidikan, maupun kesehatan, sehingga dapat terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat di semua                             bidang pembangunan.

Mandiri     :   Adanya kemampuan untuk membangun kekuatan diri dengan mengoptimalkan semua sumberdaya                               yang dimiliki baik Sumber Daya Manusia ( SDM ) maupun Sumber Daya Alam   ( SDA ) terutama                                   kemandirian di bidang ekonomi.

Aman         : Keadaan dimana masyarakat merasa aman dan nyaman dengan kondisi lingkungan sekitarnya sehingga                        dapat berkarya secara maksimal untuk meningkatkan pendapatan ekonomi rumah tangga.

Responsif :  Sebuah nilai yang terwujud dalam bentuk perilaku kerja  pemerintahan untuk senantiasa                                                  mengembangkan sikap proaktif, kooperatif dan peka terhadap situasi dan kondisi di tengah masyarakat                        dan mampu memanfaatkan peluang dan tantangan yang ada sehingga dapat memecahkan setiap                                    persoalan pembangunan diwilayah kerja administratif.

Tertib        : Kinerja berpemerintahan yang inklusif dan berkeadilan, berlandaskan pada norma, kaidah dan hukum                            dalam mewujudkan stabilitas, pemerataan dan pembangunan berkelanjutan.

 

MISI 

KECAMATAN NGADU NGALA 

  1. Mewujudkan pemerintahan yang rensponsif, transparan, partisipatif dan berkeadilan sesuai prinsip pemerintahan yang amanah. Tujuan dari misi satu ini adalah mewujudkan Good Governance Untuk mencapai tujuan tersebut, maka sasaran yang harus dapat diwujudkan adalah sebagai berikut, Meningkatnya akunbilitas kinerja dan Meningkatnya kualitas pelayanan publik.
  2. Membangun kemandirian ekonomi terutama kedaulatan pangan bagi warga Kecamatan Ngadu Ngala berbasis sektor pertanian dan meningkatkan aspek pemberdayaan masyarakat dengan mengoptimalkan BUMDES sebagai salah satu wadah untuk menjamin kelangsungan usaha masyarakat pada umunya disemua Desa serta terjaminnya kelestarian lingkungan hidup. Tujuan dari misi ke dua adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya serta meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka sasaran yang harus dapat diwujudkan adalah sebagai berikut : Menurunnya angka pengangguran, Meningkatnya kesejahteraan sosial, Menurunnya angka kemiskinan. Selain itu juga mempunyai tujuan meningkatkan kualitas Lingkungan Hidup maka sasarannya  adalah Terwujudnya akses air bersih yang merata bagi semua orang.
  3. Melanjutkan pembangunan infrastruktur yang merata dan berkualitas serta berdimensi kewilayahan. Tujuan dari misi ke tiga adalah meningkatkan kualitas dan pemerataan infrastruktur daerah. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka sasaran yang harus dapat diwujudkan adalah : Meningkatnya pemerataan dan kualitas pembangunan jalan dan jembatan, Meningkatnya kuantitas dan kualitas air baku, Meningkatnya akses layanan dasar,
  1. Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Tujuan misi ke empat adalah untuk meningkatkan kualitas SDM, Untuk mencapai tujuan tersebut, maka sasaran yang harus dapat diwujudkan adalah sebagai berikut : Meningkatnya  kualitas Pendidikan, Meningkatnya derajat kesehatan masyarakat, Meningkatnya keberdayaan gender dan perlindungan anak.
  1. Menciptakan stabilitas politik, pemerintahan, sosial, dan mengembangkan budaya lokal serta meningkatkan upaya pengendalian penduduk dan tertib administrasi kependudukan. Tujuan misi ke lima adalah Meningkatkan kondusivitas dan stabilitas politik dan ketenteraman serta ketertiban masyarakat secara umum.
  1. Mewujudkan kondisi dan menjamin keamanan masyarakat secara utuh disemua aspek kehidupan bermasyarakat. Tujuan dari misi ke enam untuk meningkatnya rasa aman bagi masyarakat dalam aktivitas usaha masyarakat.
  1. Mewujudkan pemerintahan yang tertib administrasi  secara umum di semua Wilayah terutama administrasi pemerintahan administratif kependudukan. Tujuan dari misi ke tujuh adalah untuk menurunkan laju pertumbuhan penduduk dan Meningkatnya tertib administrasi kependudukan secara menyuluruh bagi semua warga Kecamatan Ngadu Ngala.