Sejarah Kecamatan Ngadu Ngala

Mengawali riwayat berdirinya Kecamatan Ngadu Ngala tentunya tidak terlepas dari asal usul nama kecamatan, pelaku sejarah, wilayah, serta kepemimpinan dalam wilayah tersebut. Berdasarkan narasumber/saksi sejarah Kecamatan Ngadu Ngala menerangkan bahwa ngadu ngala pada awalnya tidak berdiri dengan sendirinya namun sudah ada pada jaman Swapraja Karera Ngadu Ngala tahun 1800an.

Sejarah kecamatan diawali dengan sistem pemerintahan yaitu Perwakilan Karera Ngadu Ngala dengan pusat pemerintahan berada dikecamatan Paberiwai yang terbagi menjadi 2 kecamatan yaitu: 

  1. Kecamatan Paberiwai yang dipimpin oleh Bapak Hendrik Kabubu Tarap
  2. Kecamatan Perwakilan Karera Ngadu Ngala yang dipimpin oleh Bapak Raja Karera yaitu Bapak Umbu Nai Nggaba – Umbu Hunga Meha

Nama perwakilan kecamatan disebut dengan Kesatuan Wilayah Karera Ngadu Ngala dengan kalimat filosofi  (Karera Ngadu Ngala Parahi Tumbu Huhu)

Nama Ngadu Ngala itu sendiri di ambil dari sebuah gunung yang berada lokasi diwilayah kecamatan Karera. Pada Tahun 1963 setelah terjadinya peralihan sistem pemerintahan dari swapraja menjadi pemerintahan maka wilayah ngadu ngala dipimpin oleh seorang kepala desa yang bernama Umbu Nai Ndawa sebagai Kepala Desa Kakaha. dengan perkembangan yang ada saat itu pemerintahan masih berbentuk desa yang terdiri dari 3 desa yaitu:

  1. Desa Kakaha
  2. Desa Kabanda
  3. Desa Praiwitu

Adapun ketiga desa tersebut masih masuk wilayah admistratif pemerintahan kecamatan Karera. Dari sisi cultural (budaya) peran marga menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan hubungan sosial antar masyarakat yang berada di wilayah kecamatan Ngadu Ngala yaitu sebagai salah perekat hubungan emosional antar warga dalam menjalani semua aktivitas kehidupan masyarakat. Bahwa pada umumnya terdapat marga-marga yang berada dalam wilayah Kecamatan Ngadu Ngala antara lain Marga Kahiku, Mbolura, Pandu, Pahada, Marongga, Langedi, Anakariung, Malari, Kaliti, Kandali, Anapurak, Matolang, Praikayimbi, Matalu, Makiri.

Pada tahun 1997 masuknya program Tranlok (Transmingrasi Lokal) diwilayah Kakaha. Dampak kehadiran program tersebut mengakibatkan perpindahan penduduk dari wilayah praiwitu semulanya berada di wilayah Desa Kakaha namun sekarang dengan terbentuknya kecamatan, Desa Praiwitu menetap sesuai keadaan sekarang berada di wilayah administratif Desa Praiwitu dan berpusat di kompleks Kecamatan Ngadu Ngala.

Pada Tahun 2007 pada jaman kepemimpinan Bupati Almarhum Umbu Mehang Kunda memekarkan beberapa wilayah kecamatan di Sumba Timur dan termasuk pemekaran wilayah Kecamatan Ngadu Ngala, sehingga secara resmi pada Tahun 2007 resmi menjadi Pemerintahan Kecamatan Ngadu Ngala. Adapun Kepemimpinan Kecamatan saat dibentuk terdiri dari 3 orang Camat antara lain:

Camat I Kecamatan Ngadu Ngala  
NAMA: YULIUS MARAHONGU, S.Sos
NIP:
MASA BHAKTI: 17 November 2007 – 14 November 2011
Camat II Kecamatan Ngadu Ngala  
NAMA: DOMINGGUS OKTOVIANUS KABORANG, SE
NIP: 19651017 199803 1 008
MASA BHAKTI: 14 November 2011 – 14 November 2016
Camat III Kecamatan Ngadu Ngala  
NAMA : UMBU HENDRA NJATA PATI, SE
NIP : 19740813 200112 1 005
MASA BHAKTI : 14 November 2016 sampai dengan saat ini

Saat diresmikan sebagai sebuah kecamatan maka semenjak berdiri tanggal 17 November 2007 Kecamatan Ngadu Ngala sudah terdapat 5 Desa defenitif. Kecamatan ini terdiri dari 5 desa/kelurahan 

  1. Hambawutang
  2. Kabanda
  3. Kakaha
  4. Prai Witu
  5. Prau Raming

Pada Tahun 2019 terjadi lagi pemekaran desa yaitu Desa Persiapan Praikalumbang yang merupakan hasil pemekaran dari wilayah desa induk Kabanda. Sehingga sampai saat ini jumlah desa yang berada di wilayah Kecamatan Ngadu Ngala sebanyak 6 desa meliputi 5 desa defenitif dan 1 desa persiapan.

Demikian sejarah singkat berdiri Kecamatan Ngadu Ngala dan kami menyadari betul bahwa narasi sejarah ini masih jauh dari kesempurnaan akan sumber peristiwa lahirnya kecamatan. Sehingga melalui kesempatan ini kami mengharapkan masukan dan saran akan literasi sejarah berdirinya Kecamatan Ngadu Ngala untuk memperkaya dan menguatkan nilai histori kecamatan yang sesungguhnya. Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa selalu melimpahkan berkat dan anugeraNya bagi kita semua. [*]

Letak Geodrafis

  1. Letak Daerah

Kecamatan Ngadu Ngala terletak di bagian Selatan Pulau Sumba Kabupaten Sumba Timur Propinsi Nusa Tenggara Timur dengan KODE KEMENDAGRI  53.11.21

  1. Luas Daerah dan Batas-Batas Wilayah

Luas Wilayah Kecamatan Ngadu Ngala adalah : 207.9 Km2 atau 20.790 Ha yang terdiri dari 5 Desa dengan batas-batas  sbb :

  • Sebelah Utara : Berbatasan degan Kecamatan Mahu
  • Sebelah Selatan : Berbatasan dengan Lautan Indonesia
  • Sebelah Timur : Berbatasan dengan Kecamatan Wulla Waijelu
  • Sebelah Barat : Berbatasan dengan Kecamatan Karera

Kecamatan Ngadu Ngala memiliki iklim yang hampir sama dengan semua kecamatan  lainnya dalam wilayah Kabupaten sumba Timur yaitu beriklim agak kering, musim kemarau lebih panjang yaitu kurang lebih 9 bulan           ( Bulan April s/d Nopember ) sedangkan musim hujan hanya tiga bulan desember s/d maret.

  1. Wilayah Administratif Kecamatan Ngadu Ngala

Kecamatan Ngadu Ngala mempunyai wilayah administratif yang terdiri dari 5 Desa dengan pembagian komposisi wilayah administratif meliputi : Jumlah Desa, Jumlah Penduduk, Jumlah KK, Luas wilayah serta Tingkat Kepadatan Penduduk dengan rincian pada tabel dibawah ini :

NO

Pembagian Wilayah Administratif

Banyaknya

1

Jumlah Desa

5

2

Dusun

23

3

Rukun Warga ( RW )

45

4

Rukun Tetangga ( RT )

91

5

Kepala Keluarga

1.621

6

Jumlah Penduduk

5.558

7

Luas Wilayah ( Km2)

207.9

8

Kepadatan Penduduk Per Km2

3

Sumber  : Kecamatan Ngadu Ngala

Sedangkan rincian luas wilayah tiap Desa Se – Kecamatan Ngadu Ngala adalah Desa Kakaha dan Hambawutang yang memiliki luas wilayah administratif pemerintahan yang terluas dibandingkan dengan 3 desa lainnya, Seperti tabel berikut :

NO

DESA

           LUAS                WILAYAH         ( KM 2 )

HEKTARE

PERSENTASE           ( % )

1

Kakaha

68,9

6.890

33,14

2

Hambawutang

62,5

6.250

30,6

3

Prauraming

18,0

1.800

8,66

4

Praiwitu

19,1

1.910

9,19

5

Kabanda

39,4

3.940

18,95

JUMLAH

207,9

20.790

100

Sumber  : Kecamatan Ngadu Ngala

Peta Administratif Kecamatan Ngadu Ngala