Puskesmas

Data Situasi Umum

Puskesmas Ngadu Ngala, kode Puskesmas P5302035201 beralamat di Desa Praiwitu, Kecamatan Ngadu Ngala, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Puskesmas Ngadu Ngala adalah jenis Puskesmas non rawat inap dengan  kategori penilaian sebagai puskesmas sangat tepencil. Puskesmas Ngadu Ngala terletak di Ibukota Kecamatan Ngadu Ngala. Saat ini Puskesmas Ngadu Ngala tidak tersedia listik, sedangkan ketersediaan air untuk Puskesmas Ngadu Ngala bersumber dari sistem perpipaan mata air.

Data Wilayah

Puskesmas Ngadu Ngala secara topografi terletak di Kecamatan Ngadu Ngala, dengan luas wilayah kerja ± 405,4 Km2 yang sebagian besar perbukitan.

pastedGraphic.png

Kecamatan Ngadu Ngala merupakan kecamatan dengan wilayah perbukitan, sehingga membuat wilayah ini cenderung bercuaca sejuk dingin berangin. Terdapat beberapa kecamatan yang berbatasan dengan Kecamatan Ngadu Ngala yaitu bagian utara dengan Kecamatan Wula Waijelu, bagian selatan dengan Kecamatan Karera, bagian timur dengan Kecamatan Paberiwai dan bagian barat dengan samudera Hindia. Perjalanan menuju Kecamatan Ngadu Ngala dari Kota Waingapu memakan waktu sekitar kurang lebih 3 jam 20 menit, akan tetapi dengan medan yang kurang bagus dapat memakan sampai 4 jam atau lebih waktu perjalanan.

pastedGraphic_1.png

Kecamatan Ngadu Ngala terbagi menjadi 5 desa yaitu Desa Praiwitu, Kakaha, Hamba Wutang, Prouraming dan Kabanda, yang mana masing-masing wilayah memiliki luas, jarak tempuh dan waktu tempuh berbeda

Data Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Wilayah kerja Puskesmas Ngadu Ngala terdapat beberapa fasilitas pelayanan Kesehatan yang bertujuan untuk pemerataan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat sehingga pelayanan Kesehatan dapat diakses dan terjangkau oleh seluruh masyarakat di wilayah kerja secara adil tanpa membedakan status sosial, ekonomi, agama, budaya dan kepercayaan, diantaranya:

  1. Puskesmas induk : 1 buah
  2. Puskesmas pembantu : 4 buah

Data Tenaga Kesehatan Puskesmas Ngadu Ngala

 

 

Nama          : Kurniawan B. M. Ndjurumana, A.Md. Kep.

Jabatan       :  Kepala Puskesmas Ngadu Ngala

 

 

Pogram Kerja Puskesmas Ngadu Ngala

Dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang prima maka puskesmas Ngadu Ngala di tunjang dengan Sumber Daya Manusia seperti Dokter, Apoteker, Perawat, Bidan, Ahli Gizi, Analis, Tenaga Medis NUSANTARA SEHAT dengan klasifikasi Pendidikan yang berbeda – beda serta Dukun terlatih sebanyak 2 orang di Desa hambawutang. Total Tenaga Medis di Puskesmas Ngadu Ngala baik yang ada di Puskesmas maupun di Desa sebanyak : 36 Orang.

Namun tidak terlepas dari berbagai macam masalah – masalah kesehatan warga pada umumnya yang menjadi hal prioritas penanganan yang melibatkan semua komponen yang ada baik di Tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten bahkan sampai Tingkat Nasional, seperti data umum temuan Puskesmas Ngadu Ngala per Maret 2022 dibawah ini antara lain :

  1. Jumlah Balita Sasaran Layanan Kesehatan : 553 Balita
  2. Jumlah Balita yang diukur kondisi tubuhnya : 553Balita
  3. Total Balita Stunting : 97 Balita
  4. Persentase dari Balita Stunting dari jumlah balita sebanyak 17,5 %
  5. Jumlah Gizi Kurang sebanyak 27 Balita
  6. Jumlah Gizi buruk sebanyak 4 Balita

Upaya untuk menekan angka stunting dan gizi buruk di Kecamatan Ngadu Ngala telah dilakukan secara maksimal oleh semua pihak baik Puskesmas Ngadu Ngala, Kecamatan Ngadu Ngala, Sekolah, Kader Posyandu maupun masyarakat pada umumnya.